Sabtu, 09 Maret 2013

Kuku Sehat Cantik

Wanita dan perawaan tubuh adalah suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Melakukan perawatan tubuh dari ujug kaki hingga kehelai rambut, tentu sudah menjadi agenda rutin.


Cobalah tengok ke jari tangan dan jari kaki anda, apa yang pling menjadi salah satu bagian penting dalam agenda perawatan. Sederhana apapun perawatannya, ia selalu diidamkan untuk dapat tampil bersih dan sehat.
Merawat kuku sehat, tidak repot kok, namun sebaiknya anda juga perlu mengetahui ciri-ciri kuku sehat.
kuku anda terdiri dari lapisan-lapisan protein yang disebut keratin. Ia tumbuh dari daerah di dasar kuku di bawah kutikula. Layaknya sel-sel baru yang tumbu, sel tua menjadi keras dan padat sehingga akhirnya akan terdorong ke arah uung jari.
Ciri kuku yang sehat dan normal, cukup terlihat dari pandangan anda. Sehat berarti permukaannya halus, tanpa ada alur, lekukan, ataupun goresan. Selain itu, bebs dari bintik-bintik dan perubahan warna, termasuk ciri kuku sehat dn noral.
Namun, sayangnya terkadang tidak semua kondisi ideal iu dapt tercapai. Bila ada beberapa perubahan kondisi kuku, paling tidak dalam rentang seminggu sebaiknya anda perlu mengkonsultasikan ke dokter.
Ciri-ciri tidak normal itu adalah berwarna kuning pemisahan kuku dari dasarnya (onycholysis), lekukan diseluruh bagian, terdapat lubang dan berwarna buram atau pucat.
Nah untuk itu hindarilah berbagai cara yang membuat kuku anda rentan dan rusak. Maka, simaklah beberapa cara sederhana dan mudah unuk menjaga kesehatan kuku anda :
- Jangan paksa kuku untuk melakukan tugas mengorek, menggaruk, atau gerakan apapun yang kelewat keras.
- Rutinlah menggunting kuku, jangan kelewat pendek dan bentuklah persegi atau agag bundar di bagian atasnya.
- Tidak lupa bersihkan bagian bawah kuku secara teratur agar bebas dari kotoran. Lakukan rutinitas ini ketika sesudah andi, atau setelah merendam kuku tangan dan kaki dalam air hangat.
- Untuk menjaga kelembapan di area kuku, kenakan pelembabtangan atau body lotion.
- Hindari kebiasaan menggigit-gigit kuku. Selain dapat melukai kuku, kebiasaan ini dapat menjadi arana masuknya bakteri atau jamur jamur dari kotoran ke dalam mulut ana.
- Kenakan sepatu dengan ukuran dan tekanan yang benar. Sehingga tidak hanya membuat anda nyaman berjalan tapi juga tidak menghambat pertumbuhan kuku anda.
- Poles dan hapus seminggu sekali. Ya bagi Anda yang gemar memakai cat kuku, paling lambat seminggu sekali, Anda harus menghapus cat kuku Anda dngan nail polisher, biarkan sikuku bebas cat selama sehari, dan siap untuk dipoles lagi.
Setelah itu lihat hasil yang berbeda, dan pastinya kamu bakal terhindar dari kuman-kuman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar